#ResepLangsungEnak

Ngene wae enake ora umum kok. Mau isuk udan dadi males arep masak neko-neko.
Eh, aku tak tekon yah, ono sing koyo aku ora?

Kadang males mindahi sayur ning mangkok. Jadi langsung wae pancine di gowo ning mejo makan karek nyiduk ngunu.
Praktis dadine ora kakean isah-isahan, ora mondar mandir juga nek sekirane sing ning mangkok wis entek.
Ra menak-menaki wong mangan wae

(Gini aja udah enak bangeet. Tadi pagi hujan jadi malas mau masak macam-macam. Eh aku mau tanya yah, adakah yang kaya aku?

Kadang malas mindah sayur ke mangkok. Jadi langsung saja pancinya dibawa ke meja makan tinggal ambil saja.
Praktis jadinya nggak kebanyakan cucian piring, nggak mondar mandir juga kalau yang di mangkok udah habis. Bikin nggak nyaman orang makan aja)

READ  kreasi jenang by Nurbayu Sari

GULAI BABY BAMBOO/REBUNG
Bahan:

  • 300 gram rebung. Iris kecil-kecil. Cuci. Rebus selama 30 menitan. Bisa campur gula bisa campur garam supaya bau nggak sedap pada rebung hilang. Cuci ulang. Tiriskan.
  • Daun bawang 1 batang
  • Air 700 ml
  • Santan instan 6 sdm
  • Bawang Goreng 2 sdm untuk taburan

Bumbu Halus:

  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Kunyit 5 cm
  • Lengkuas 3 cm
  • Cabe merah 3 buah
  • Cabe rawit 15 buah
  • Jintan kasar/ bubuk 1/4 sdt
    Haluskan semua bumbu (me blender)

Bumbu Tambahan:

  • Sere 1 batang geprek
  • Daun jeruk 2 helai
  • Daun salam 2 helai
  • Ketumbar bubuk 1/2 sdt
  • Gula 1,5 sdm (sesuai selera)
  • Garam 1 sdm (sesuai selera)
  • Kaldu jamur 1 sdt
READ  Buncis Goreng Krispi by Nana Lope

Cara Masak:

  1. Panaskan minyak. Tumis “bumbu halus” sampai harum. Setelah itu masukkan semua “bumbu tambahan” kecuali gula, garam dan kaldu jamur.
  2. Setelah bumbu harum dan matang masukkan air. Didihkan, lanjut masukkan rebung.
  3. Menjelang mendidih masukkan santan instan, garam, gula dan kaldu bubuk. Aduk rata lagi.
  4. Tes rasa. Setelah dirasa semua pas matikan api dan tuburkan daun bawang dan bawang goreng.

IKAN ASAP PENYET

Bahan:
1 ekor ikan tongkol asap.
Ini aku beli yah. Cuci dulu baru goreng sebentar.

READ  Rawon by Diyah Nafisa

Bumbu Sambel:

  • Cabe ijo besar 6 buah
  • Cabe rawit warna campur total 20 buah
  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 3 siung.
    Goreng semua sampai layu.
  • Garam 1/4 sdt
  • Gula 1/2 sdt
  • Kaldu bubuk 1/2 sdt

Ulek kasar semua bumbu. Kasih gula, garam dan kaldu bubuk. Tes rasa.
Taruh ikan di atas cobek lalu penyet sampai gepeng. Dimakan pakai nasi anget siap-siap nasi cepat habis hahaha.

Selamat Mencoba.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/4022564761176171/

baca juga resep olahan rebung kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here