#RESEPLANGSUNGENAK
BONGKO KACANG THOLO

Iyes. Ini bongko yang terbuat dari kacang tholo. Barusan bikin. Habis keki banget cuma dipameri mbak Sri Sekarwati lewat fotonya yang cantik. Judule kuwi kemecer…

So, buatlah hari ini mumpung ada kacang tholo dan daun pisang. Kelapa setengah tua pesan dong di tukang sayur. Sekalian minta diparutkan biar tidak repot.

Teman-teman kepengen juga? Nih, aku kasih resepnya ya.

BONGKO KACANG THOLO
by Nina Susilowati

BAHAN

  • 1/2 kelapa jelang tua, parut
  • 200 gr kacang tholo, rendam semalam
  • 2 pelepah daun pisang
  • 10 lbr daun salam
  • 2 btr telur, kocok lepas (boleh skip)
  • 10 bh cabai rawit

BUMBU dihaluskan

  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 bh cabai rawit
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 jempol kencur
  • 1 ½ sdt garam
  • 1 sdt gula pasir (boleh tambah)
Baca Juga  JENANG GARUT GRENDUL by Rima YR

CARA MEMBUAT

  1. Rebus kacang tholo yang sudah direndam semalam. Biarkan mendidih 5 menit. Tutup pancinya. Matikan api. Biarkan dingin. Tiriskan.
  2. Campurkan kelapa parut, kacang tholo, dan bumbu halus. Aduk dengan tangan saja sampai rata. Terakhir tambahkan telur kocok dan aduk rata.
  3. Siapkan daun pisang, beri daun salam dan taruh 2 sdm adonan kelapa. Beri 1 buah cabai rawit dan bungkus bentuk tum. Lakukan hingga semua habis
  4. Kukus sekitar 35-45 menit. Sajikan.

TIPS & TRIK

  • Kacang tholo bisa diuleg kasar dulu bari dicampurkan ke kelapa
  • Telur boleh diskip. Nggak pakai telur juga oke kok

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/posts/4505126732919969/
baca juga resep bongko kami yang lain di sini

Baca Juga  Opor Daun Singkong Plus Terong by Yanie Hijriany Kias
4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here